Selasa, 11 September 2018

Cara Pengelolaan Sumber Daya Energi

A. Minyak Bumi 
Dalam pertambangan minyak bumi terdapat dua kegiatan, yaitu eksplorasi (penyelidikan) dan eksploitasi (pengambilan bahan dari dalam bumi). 
1) Eksplorasi (Penyelidikan).
Eksplorasi dilakukan dengan cara: 

  • menyelidiki gaya magnetis lapisan-lapisan tanah; 
  • menyelidiki gaya berat lapisan-lapisan tanah; 
  • dengan menggunakan seismograf dan dilengkapi dengan geophone. 
Geophone adalah alat pencatat getaran yang nantinya diteruskan ke seismograf. Untuk jelasnya, lihatlah gambar di bawah ini!
Cara kerjanya: 
  1. Dinamit (D) diledakkan pada lubang dalam tanah sehingga terjadi gempa kecil.
  2. Gelombang getaran merambat, sebagian dipantulkan ke permukaan bumi oleh lapisan keras (A dan B) dan dicatat oleh seismograf sebanyak 12 buah dipusatkan pada truk pencatat (2). Catatan pada truk pencatat menunjukkan waktu yang dibutuhkan gelombang getaran menempuh jarak antara titik ledakan (D) ke lapisan-lapisan keras dan ke seismograf.
  3. Akhirnya akan diketahui dalamnya lapisan keras yang memantulkan gelombang getaran. Selain itu, akan diketahui lapisan antiklinal tempat terkumpulnya minyak bumi.
2) Eksploitasi 
Setelah dilakukan eksplorasi (penyelidikan) maka dilakukan eksploitasi (pengambilan minyak bumi dari dalam tanah melalui pengeboran).

B. Batu Bara
Cara penambangan batu bara, amatilah gambar-gambar berikut ini! 

  • Penambangan terbuka (surface mine) Penambangan ini dilakukan apabila lapisan batu baranya ditutupi lapisan yang tipis saja.
  • Penambangan di atas permukaan (drift mine) Penambangan ini dilakukan apabila lapisan batu bara terletak di bawah bukit, tetapi kalau diukur dari permukaan tanah justru terletak di atas.
  • Penambangan jauh (slope mine) Penambangan ini dilakukan apabila batu bara terletak jauh di bawah bukit, maka dibuat terowongan miring.
  • Penambangan dalam (shaft mine) Penambangan ini dilakukan apabila lapisan batu bara berada di bawah timbunan lapisanlapisan lain sampai beratusratus meter tebalnya. Cara penambangannya adalah dengan membuat terowongan tegak lalu mendatar jauh di bawah permukaan bumi.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Keanekaragaman genetik, keanekaragaman spesies, dan keanekaragaman ekosistem

Keanekaragaman genetik, keanekaragaman spesies, dan keanekaragaman ekosistem adalah tiga tingkat keanekaragaman hayati yang berbeda dan sali...

Chiba University, Japan

Chiba University, Japan