Minggu, 07 Oktober 2018

Dampak Perubahan Iklim dan Pemanasan Global


Dampak perubahan iklim diantaranya adalah cuaca panas yang memungkinkan nyamuk ganas berkembang biak dan menularkan penyakit. Nyamuk ini akan memiliki daya jangkau yang lebih luas untuk menyebarkan penyakit. Selain itu, peningkatan karbon dioksida di udara meningkatkan jumlah penderita asma dan alergi.

Dampak perubahan iklim sesungguhnya sedang dan telah kita alami. Perubahan iklim telah melanda dunia sejak berjuta tahun lalu. Penyebab perubahan iklim oleh kegiatan manusia dan faktor alamiah memberikan dampak yang berbeda-beda. Perubahan iklim tidak saja merujuk kepada meningkatnya suhu permukaan bumi, tetapi juga menurunnya suhu permukaan bumi.

Namun, dalam periode sekarang, perubahan iklim ditandai oleh meningkatnya suhu permukaan bumi atau yang dikenal sebagai pemanasan global. Dalam sejarahnya, perubahan iklim telah menyebabkan kepunahan berbagai spesies satwa dan tumbuhan, merubah bentang alam bumi, merubah ekosistem dan ekologi bumi. Perubahan iklim dan pemanasan global memberikan dampak negatif yang sangat serius bagi ekosistem. Perubahan iklim juga meningkatkan masalah lingkungan hidup dan merusak kehidupan manusia.

Berbagai dampak perubahan iklim dan pemanasan global yang telah diverifikasi oleh ilmu pengetahuan adalah sebagai berikut:

  • Gelombang panas mematikan. Menurut laporan NRDC (Natural Resources Defense Council), lebih sering terjadinya gelombang panas akan menghasilkan lebih banyak kematian yang berhubungan dengan panas. Pada tahun 2003, gelombang panas yang ekstrim mengklaim sebanyak 70.000 jiwa di Eropa. Di Perancis saja, hampir 15.000 orang meninggal selama dua minggu akibat meningkatnya suhu yang mencapai setinggi 104 derajat Fahrenheit. Banyak wilayah di Amerika Utara mengalami gelombang panas yang parah pada bulan Juli 2006. Gelombang panas ini diperkirakan berkontribusi pada kematian lebih dari 140 orang. Chicago mengalami gelombang panas pada tahun 1995. Diperkirakan terdapat 739 kasus kematian yang berhubungan dengan panas terjadi dalam periode satu minggu.
  • Udara buruk, alergi dan asma. Dampak perubahan iklim dan pemanasan global bagi kesehatan manusia adalah meningkatkan pencemaran udara, mengintensifkan alergi serbuk sari dan asma. Kondisi panas juga memperburuk masalah kualitas udara lokal. Perubahan iklim juga merusak daya dukung lingkungan hidup bagi manusia. Diperkirakan sudah mempengaruhi lebih dari 100 juta orang Amerika. Studi ilmiah menunjukkan bahwa tingkat yang lebih tinggi dari karbon dioksida akan meningkatkan pertumbuhan gulma. Ini akan memicu alergi serbuk sari dan memperburuk asma. Jumlah penderita alergi serbuk sari dan asma telah meningkat di seluruh dunia selama beberapa dekade terakhir. Beberapa peneliti telah menyarankan bahwa ini bisa menjadi efek kesehatan awal sebagai dampak perubahan iklim yang disebabkan manusia. Pencemaran udara membuat alergi lebih buruk: partikel diesel knalpot kendaraan dapat berinteraksi dengan serbuk sari dan mengirimkannya lebih dalam ke paru-paru. Meningkatnya suhu berarti meningkatkan tingkat dasar produksi asap ozon yang merupakan ancaman serius bagi penderita asma.
  • Meningkatnya wabah penyakit menular adalah dampak perubahan iklim yang sangat berbahaya bagi manusia terutama kaum miskin. Temperatur yang memanas, periode kekeringan dan banjir besar yang bergantian secara ekstrim serta gangguan ekosistem telah memberikan kontribusi menciptakan wabah lebih luas dari infeksi seperti malaria, demam berdarah, penyakit diare. Orang yang hidup dalam kemiskinan akan paling terpukul oleh lonjakan global dalam penyakit menular. Nyamuk pembawa penyakit menyebar karena iklim memungkinkan mereka untuk bertahan hidup di daerah yang sebelumnya tidak ramah. Nyamuk yang dapat membawa virus demam berdarah yang sebelumnya terbatas pada ketinggian 3.300 kaki tetapi baru-baru ini muncul di ketinggian 7200 kaki di Pegunungan Andes, Kolombia. Malaria telah terdeteksi di daerah baru yang memiliki elevasi lebih tinggi di Indonesia dan Afrika. Curah hujan berat dapat mencuci patogen dari tanah yang terkontaminasi, peternakan, dan jalan-jalan ke persediaan air minum. Wabah penyakit diare di Milwaukee pada tahun 1993 yang mempengaruhi 403.000 orang disebabkan oleh parasit Cryptosporidium yang dicuci ke pasokan air minum kota setelah hujan lebat. Suhu luar yang lebih tinggi dapat menyebabkan peningkatan wabah penyakit bawaan makanan seperti Salmonella yang mereproduksi lebih cepat karena suhu meningkat. Bakteri bawaan makanan lainnya seperti Vibrio parahaemolyticus, bakteri asli daerah subtropis, telah memperluas jangkauan sejauh utara Alaska, di mana pada tahun 2004 bakteri tersebut menyerang wisatawan kapal pesiar yang kebetulan memakan tiram daerah tersebut.
  • Kenaikan permukaan air laut di seluruh dunia.Para ilmuwan, seperti dilansir oleh Planetsave,  memprediksi peningkatan permukaan air laut di seluruh dunia karena mencairnya dua lapisan es raksasa di Antartika dan Greenland, terutama di pantai timur AS Namun, banyak negara di seluruh dunia akan mengalami efek dari kenaikan permukaan laut, menghilangkan sebuah negara dan membuat penduduk bermigrasi, kehilangan rumah, komunitas, sejarahnya. Satu bangsa, Maladewa, sudah mencari rumah baru akibat naiknya permukaan air laut. Indonesia pun akan kehilangan daratan dan pulau-pulau kecil akibat naiknya permukaan air laut sebagai dampak perubahan iklim.
  • Badai mematikan. Tingkat keparahan badai seperti angin topan dan badai meningkat, dan penelitian yang diterbitkan di jurnal Nature menemukan bahwa “para ilmuwan telah datang dengan bukti teguh bahwa pemanasan global secara signifikan akan meningkatkan intensitas badai yang paling ekstrim di seluruh dunia. Kecepatan angin maksimum dari siklon tropis terkuat meningkat secara signifikan sejak tahun 1981. Kecenderungan tersebut diduga didorong oleh meningkatnya suhu air laut, tidak mungkin untuk berhenti setiap saat segera. Badai Katrina memaksa evakuasi 1,7 juta penduduk pada tahun 2005, menyebabkan kematian dan masalah kesehatan jangka panjang untuk 200.000 warga New Orleans, Amerika Serikat. Kombinasi naiknya permukaan laut, kurangnya hujan salju, peningkatan badai telah membanjiri 300.000 rumah penduduk California di daerah delta sungai Sacramento-San Joaquin. Fenomena itu juga berpotensi mencemari air minum dari 24 juta orang. Kekeringan dan banjir yang silih berganti secara ekstrim menyebabkan kekurangan air, makanan, kekurangan gizi, migrasi massal, konflik internasional. Beberapa peneliti memperkirakan sekitar 50 juta orang di seluruh dunia dapat menjadi pengungsi pada tahun 2010 akibat naiknya permukaan air laut, penggurunan.
  • Kegagalan panen. Dampak perubahan iklim lainnya yang cukup merugikan manusia adalah kegagalan panen yang akan menyebabkan krisis pangan. Menurut penelitian terbaru, terdapat kemungkinan 90% bahwa 3 miliar orang di seluruh dunia harus memilih antara keluarga mereka pindah ke tempat yang lebih ringan dan kelaparan akibat perubahan iklim dalam 100 tahun. Salah satu penyebab utama ini akan menjadi penyebaran penggurunan, dan efek yang menyertainya. Selain itu, perubahan iklim diperkirakan akan memiliki dampak yang paling parah pada pasokan air. Kekurangan air bersih dan air minum di masa depan cenderung mengancam produksi pangan. Ia juga akan menghambat pembangunan dan kerusakan ekosistem ekonomi. Hal ini menyebabkan perubahan antara banjir dan kekeringan. Pemanasan global diduga dapat menyebabkan 300.000 kematian per tahun.
  • Meluasnya kepunahan spesies hewan liar dan tumbuhan langka merupakan dampak perubahan iklim yang tidak terhindarkan. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Nature, pada tahun 2050, peningkatan suhu dapat menyebabkan kepunahan satu juta spesies. Dikarenakan manusia tidak dapat hidup tanpa keanekaragaman hayati, ini adalah berita menakutkan bagi manusia. Dapatkah manusia memproduksi udara, makanan yang kesemuanya itu dihasilkan oleh mata rantai makanan ekosistem?. Kepunahan massal ke enam (sixth extinction) dalam sejarah bumi ini sungguh hanya kelanjutan dari kepunahan era Holocene yang dimulai pada akhir zaman es terakhir dan telah mengakibatkan kepunahan hampir semua hewan megafauna bumi. Sebagian besar sebagai akibat dari ekspansi manusia. Perubahan iklim sekarang mewakili setidaknya sebagian besar ancaman terhadap jumlah spesies yang masih hidup di bumi sebagai akibat kerusakan dan modifikasi habitat. Hilangnya spesies tersebar luas dan daftar spesies yang terancam punah terus berkembang. Ini adalah masalah yang menyangkut di berbagai bidang.
  • Kepunahan terumbu karang. Sebuah laporan WWF tentang kondisi terumbu karang mengatakan bahwa dalam skenario terburuk, populasi terumbu karang akan hancur pada tahun 2100 karena meningkatnya suhu dan pengasaman laut. Fenomena ‘pemutihan’ karang dari kenaikan kecil suhu laut yang berkepanjangan, menyebabkan bahaya berat bagi ekosistem laut. Banyak spesies di lautan bergantung pada terumbu karang untuk kelangsungan hidup mereka. Meskipun besarnya lautan ini – 71 persen dari permukaan bumi dengan kedalaman rata-rata hampir 4 km – ada indikasi bahwa itu mendekati titik kritis nya. Untuk karang, pemanasan dan pengasaman perairan yang mendekati seperti sepasang rahang yang mengancam untuk membuat ekosistem mereka hilang. Hilangnya terumbu karang berarti hilangnya ikan, sumber makanan manusia.
Demikianlah beberapa dampak dari perubahan iklim dan pemanasan global yang telah teridentifikasi secara ilmiah. Kemampuan manusia untuk menurunkan tingkat pencemaran lingkungan hidup akan menentukan masa depan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Keanekaragaman genetik, keanekaragaman spesies, dan keanekaragaman ekosistem

Keanekaragaman genetik, keanekaragaman spesies, dan keanekaragaman ekosistem adalah tiga tingkat keanekaragaman hayati yang berbeda dan sali...

Chiba University, Japan

Chiba University, Japan