Rabu, 19 September 2018

Menghitung Penduduk Suatu Wilayah

Sebelum kita bahas pertumbuhan penduduk, kita harus mengetahui dinamika penduduk terlebih dahulu. 

1. Dinamika Penduduk 
Dinamika penduduk ialah perubahan jumlah penduduk yang disebabkan oleh faktor-faktor kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk atau migrasi. 

2. Pertumbuhan Penduduk
 Pertumbuhan penduduk ialah perkembangan jumlah penduduk dari tahun ke tahun. Pertumbuhan penduduk ini dinyatakan dengan persen (%). Untuk menghitung dalam berapa tahun penduduk suatu negara berlipat dua, maka digunakan rumus:
Misalnya: Tingkat pertumbuhan penduduk 3½ % per tahun. Maka: 70 : 3½ = 20 tahun. Jadi, penduduk akan berlipat 2 dalam waktu 20 tahun. 

Hal yang perlu diperhatikan tentang pertumbuhan penduduk adalah sebagai berikut.
a. Tingkat Kelahiran (Fertilitas atau Natalitas) 
Tingkat kelahiran, yaitu banyaknya bayi yang lahir dari setiap 1.000 penduduk tiap tahun. Misalnya, tingkat kelahiran 25, artinya bagi setiap 1.000 orang penduduk setiap tahunnya terdapat kelahiran bayi 25 orang. Tingkat kelahiran ini disebut Tingkat Kelahiran Kasar (Crude Birth Rate) karena tidak memperhatikan jenis kelamin dan golongan umur. Jika dalam perhitungan memperhatikan jenis kelamin dan golongan umur, disebut Tingkat Kelahiran Menurut Golongan Umur (Age Specific Fertility Rate) atau dapat disebut Age Specific Birth Rate.

b. Tingkat Kematian (Mortalitas) 
Tingkat kematian, yaitu jumlah kematian dari setiap 1.000 penduduk tiap tahun. Misalnya, tingkat kematian 25 artinya dari setiap 1.000 penduduk terdapat kematian sebanyak 25 orang. Tingkat kematian ini disebut Tingkat Kematian Kasar (Crude Death Rate) karena tidak memperhatikan jenis kelamin dan golongan umur. Jika dalam perhitungannya memperhatikan jenis kelamin dan golongan umur, disebut Tingkat Kematian Menurut Golongan Umur (Specific Death Rate). 

Apabila banyak kematian bayi maka disebut Tingkat Kematian Bayi (In Fant Mortality Rate). Tingkat kematian bayi dihitung dari berapa bayi yang meninggal dibagi dengan jumlah bayi yang lahir hidup dikalikan 1.000. Yang dimaksud dengan bayi adalah anak-anak yang berumur 0 – 1 tahun. Rumusnya sebagai berikut:


Angka kelahiran maupun angka kematian dinyatakan dengan promil (‰) setiap tahun, artinya per 1.000 penduduk tiap tahun. 

Pertumbuhan penduduk ada dua macam, yaitu sebagai berikut.
a. Pertumbuhan Penduduk Alami (Natural Increase)
Pertumbuhan penduduk alami, yaitu pertumbuhan penduduk yang terjadi karena jumlah kelahiran lebih besar dari jumlah kematian atau sebaliknya, jumlah kelahiran lebih kecil dari jumlah kematian. Rumusnya: 


X = pertumbuhan penduduk alami 
L = jumlah kelahiran 
M = jumlah kematian

b. Pertumbuhan Penduduk karena Migrasi 
Pertumbuhan penduduk karena migrasi, yaitu pertumbuhan penduduk yang terjadi karena jumlah orang yang datang (imigrasi) lebih besar daripada orang yang pergi (emigrasi) atau sebaliknya, jumlah orang yang datang lebih kecil daripada orang yang pergi. Cara perhitungan pertumbuhan penduduk karena migrasi. Rumusnya: 


X = pertumbuhan penduduk 
L = jumlah kelahiran 
M = jumlah kematian 
I = jumlah imigrasi 
E = jumlah emigrasi 

3. Harapan Hidup pada Waktu Lahir 

Kelahiran (natalitas) adalah kelahiran bayi hidup yang terjadi dalam lingkungan penduduk daerah tertentu, selama periode tertentu. Biasanya dihitung dalam satu tahun. 


  • Lahir hidup (life birth) ialah pada waktu bayi lahir menunjukkan tanda-tanda kehidupan, misalnya denyut nadi dan menangis.
  • Lahir mati tidak dicatat dalam kelahiran. 
Beberapa indikator yang dipergunakan untuk mengukur kualitas fisik penduduk, antara lain angka kematian bayi dan angka harapan hidup. Di Indonesia, angka kematian bayi laki-laki antara tahun 1985 – 1990 sebesar 78‰ (per seribu), sedangkan bayi perempuan 64‰ per tahun. 

Angka harapan hidup waktu lahir laki-laki sebesar 61,04 per tahun, sedangkan untuk perempuan 64,7 per tahun (BPS, 1988). Karena keberhasilan program KB, angka kematian bayi dari tahun ke tahun terus menurun, yaitu dari 71 (rata-rata kematian bayi) pada periode 1990 – 1995 sebesar 65. Angka harapan hidup diproyeksikan pada periode 1990 – 1995 sebesar 64,8 (laki-laki 62,92 dan perempuan 66,70). Dari tahun ke tahun, angka kematian bayi menurun lebih cepat daripada angka kelahiran. 



Apabila dibandingkan dengan besarnya tingkat kematian bayi di Swedia dan Sri Langka, Indonesia lebih besar. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan Afganistan, tingkat kematian bayi Indonesia lebih kecil.

Kepadatan Penduduk 
Kepadatan penduduk adalah jumlah penduduk suatu wilayah dibandingkan dengan luas wilayah itu. Persebaran penduduk yang tidak merata dapat menyebabkan kepadatan penduduk yang berbeda-beda di tiap wilayah. Kepadatan penduduk ada dua jenis, yaitu sebagai berikut.



a. Kepadatan Penduduk Aritmatik 
Kepadatan penduduk aritmatik adalah jumlah rata-rata penduduk dalam setiap wilayah seluas satu kilometer persegi.

Misalnya: 

Pulau Jawa luas wilayahnya 132.187 km2, sedangkan jumlah penduduk tahun 1980 sebanyak 91.270.000 jiwa. Jadi, kepadatan penduduk Pulau Jawa tahun 1980 adalah: 91.270.000 : 132.187 = 690 jiwa/km2

b. Kepadatan Penduduk Agraris 
Kepadatan penduduk agraris adalah jumlah rata-rata penduduk dalam setiap wilayah seluas satu kilometer persegi lahan pertanian.

Misalnya: 
Pada tahun 1985 jumlah penduduk Pulau Jawa dan Madura sebanyak 99.502.369 orang. Luas lahan pertaniannya 67.687 km2. Jadi, kepadatan penduduk agraris Pulau Jawa tahun 1985 adalah 99.502.369 : 67.687 = 1.470 jiwa/km2 lahan pertanian.

5. Rasio Ketergantungan (Dependency-Ratio
Berdasarkan piramida penduduk, ada tiga golongan umur sebagai berikut: 
  • golongan umur muda (usia 0 – 14 tahun ke bawah); 
  • golongan umur dewasa (usia 15 – 64 tahun);
  • golongan umur tua (usia 65 tahun ke atas). 

Golongan umur muda dan golongan umur tua disebut kelompok tidak produktif. Golongan umur dewasa disebut kelompok usia ekonomis produktif. Kelompok usia muda dan kelompok usia tua menjadi beban tanggungan dari kelompok usia dewasa. Ukuran umum yang digunakan untuk menentukan beban tanggungan adalah Rasio Ketergantungan. Angkanya diperoleh dari hasil bagi antara jumlah yang tergantung dengan jumlah yang produktif.



Contoh: Angka ketergantungan di Indonesia tahun 1961: 

  • Kelompok umur muda (0 – 14 tahun) = 42,1% 
  • Kelompok umur dewasa (15 – 64 tahun) = 53,8% 
  • Kelompok umur tua (65 tahun ke atas) = 4,1% 


6. Proyeksi Penduduk 
Proyeksi penduduk perlu diketahui untuk memperoleh gambaran, apakah yang harus dilaksanakan suatu negara untuk mensejahterakan penduduknya berkenaan dengan jumlah penduduknya. Untuk membuat proyeksi penduduk pada suatu tahun tertentu digunakan rumus:
  • Pn = jumlah penduduk yang dicari pada tahun tertentu 
  • r = tingkat pertumbuhan penduduk dalam %
  • n = jumlah tahun dihitung, yaitu dari tahun yang akan dicari jumlahnya dikurangi dengan tahun permulaan yang sudah diketahui jumlah penduduknya (Pn – Po) 
  • Po = (Po bukan P nol) jumlah penduduk pada tahun yang diketahui 
Contoh: 
Pada tahun 1961, jumlah penduduk Indonesia 94.911.000 orang. Tingkat pertumbuhan penduduk 2,3%. Berapa jumlah penduduk tahun 1970? 


7. Angkatan Kerja 
a. Beberapa Pengertian dan Rumus 
  1. Angkatan kerja, yaitu bagian dari tenaga kerja yang sesungguhnya terlibat atau berusaha terlibat dalam kegiatan produktif. Dengan kata lain, angkatan kerja adalah jumlah orang yang bekerja dan pencari kerja.
  2. Tenaga kerja, yaitu jumlah seluruh penduduk yang dapat memproduksi barang dan jasa, jika ada permintaan terhadap tenaga mereka dan mereka mau berpartisipasi serta beraktivitas.
  3. Bekerja, yaitu penduduk usia 10 tahun ke atas yang selama satu minggu melakukan pekerjaan dengan maksud memperoleh penghasilan dan bekerja paling sedikit satu jam seminggu.
  4. Jenis pekerjaan, misalnya profesional, kepemimpinan, administrasi, penjualan, usaha jasa, usaha pertanian dan produksi, Polisi, serta TNI.
  5. Lapangan pekerjaan, misalnya pertanian, pertambangan, industri pengolahan, listrik, bangunan, perdagangan, angkutan, keuangan, dan jasa.
  6. Status pekerjaan, misalnya pengusaha dengan buruh dan pengusaha tanpa buruh.
  7. Proyeksi penduduk, yaitu perkiraan jumlah penduduk usia kerja di masa yang akan datang.
  8. Rumus untuk mengetahui angkatan kerja:
  9. Rumus kesempatan kerja Rumusnya:
  10. Rumus Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK)

b. Angkatan Kerja di Negara Berkembang 
Angkatan kerja di negara berkembang, keadaannya sebagai berikut.
  1. Tingkat pertumbuhan angkatan kerja lebih tinggi dibanding negara maju.
  2. Tingginya persentase angkatan kerja tergantung pada sektor pertanian.
  3. Penyerapan tenaga kerja di luar sektor pertanian yang tidak terampil hasilnya rendah.
  4. Kualitas angkatan kerja rendah, yaitu keterampilan, kesehatan, dan efisiensinya.
  5. Pengangguran dan setengah pengangguran banyak.
c. Pengangguran Ada dua macam pengangguran, yaitu sebagai berikut.
  1. Pengangguran terbuka ialah orang yang tidak bekerja sama sekali atau sedang mencari pekerjaan. Cara menghitung tingkat pengangguran adalah dengan memakai rumus berikut ini: Pengangguran terbuka, biasanya terbatas pada pekerja terdidik yang dapat menanti dan mengharapkan pekerjaan dengan penghasilan yang lebih baik. Hal itu terjadi karena mereka mempunyai latar belakang sosial ekonomi yang lebih kuat. Pengangguran ini umumnya di bawah 10% dari angkatan kerja, yaitu pada golongan penduduk usia muda (15 – 29 tahun). Biasanya angkatan kerja wanita.
  2. Setengah pengangguran ialah orang yang bekerja hanya beberapa jam tiap harinya atau kurang dari 25 jam per minggu. 
Faedah mengetahui rumus-rumus tersebut adalah agar siswa dapat menghitung dan mengetahui tentang berapa jumlah angkatan kerja, kesempatan kerja, tingkat partisipasi angkatan kerja, tingkat pengangguran apabila ada data-datanya. Jadi, setelah siswa tamat sekolah memungkinkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, tidak hanya mengharapkan pekerjaan dari pemerintah. 

d. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketenagakerjaan
Faktor-faktor yang mempengaruhi ketenagakerjaan ada dua, yaitu faktor yang menentukan permintaan tenaga kerja dan faktor yang mempengaruhi penawaran tenaga kerja. Permintaan tenaga kerja berasal dari perusahaan, lembaga pemerintah, dan rumah tangga (keluarga). Keseluruhannya ditentukan oleh faktor-faktor sebagai berikut.
  1. Struktur ekonomi, meliputi sektor pertanian, industri, dan jasa.
  2. Struktur produksi, meliputi sektor formal atau informal, intensif modal atau tenaga, dan skala besar atau kecil.
  3. Hubungan produksi, meliputi hubungan status pemilikan dan hubungan kerja antara buruh-majikan.
  4. Kebijaksanaan pemerintah, meliputi development (pengembangan) dan central planning (rencana pusat).
  5. Fluktuasi siklus ekonomi internasional, ditentukan oleh mekanisme pasar dunia.
e. Pengangguran dan Lapangan Kerja 
Laju pertumbuhan penduduk yang cepat mengakibatkan lebih pincangnya keseimbangan antara tenaga kerja dengan lapangan kerja yang tersedia.
Dari tabel di atas, dapat diketahui bahwa di negara kita masih besar penganggurannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Keanekaragaman genetik, keanekaragaman spesies, dan keanekaragaman ekosistem

Keanekaragaman genetik, keanekaragaman spesies, dan keanekaragaman ekosistem adalah tiga tingkat keanekaragaman hayati yang berbeda dan sali...

Chiba University, Japan

Chiba University, Japan