Minggu, 22 Mei 2016

Glosarium 3

Antiklin : bagian yang terangkat dan merupakan punggungan di daerah lipatan, diapit oleh sinklin.

Atol : terumbu karang berbenluk lingkaran penuh atau terputus-putus dengan genangan air laut di tengahnya yang dinamakan lagun, pada umumnya merupakan pulau-pulau di bawah permukaan air laut.

Batolit : massa batuan beku dalam yang berukuran besar terjadi dari butiran hablur mineral yang kasar.

Bom : batuan produk vulkanik berbutir besar, berasal dari magma yang terlempar ketika gunungapi meletus dan membeku di luar. Produk vulkanik lain berturut-turut makin kecil ialah lapili, pasir vulkanik, dan abu vulkanik. Berbagai produk vulkanik itu dinamakan juga eflata atau piroklastik.

Coral : organisme pembentuk terumbu karang yang pada umumnya hidup berkoloni di laut yang dangkal agar mendapat cahaya matahari dan berkerangka kapur.

Diatrema : pipa kepundan gunungapi. Ketika gunungapi masih aktif,diatrema merupakan tempat magma mengalir ke luardan jika gunung telah tidak aktif lagi, diatrema merupakan batuan beku pengisi pipa tersebut.

Ekstrusi : proses peresapan magma melalui lapisan litosfer sampaike permukaan bumi.

Geyser : sumber air panas yang memancar secara berkala sebagai gejala pasca vulkanik. Gletser aliran es pada palungberbentuk U di daerah yang bersuhu kurang dari 0°C.

Graben : bagian yang turun di daerah tektonik patahan berdampingan dengan Horst.

Horst : bagian yang terangkat di daerah tektonik patahan bersebelahan dengan slenk atau graben.

Isohyps : garis pada peta yang menghubungkan titik-titik dengan ketinggian yang sama dari permukaan laut.

Lahar : aliran lumpur yang mengangkut material vulkanik dari lereng gunungapi karena aliran air hujan (lahar hujan) atau aliran air danau kepundan bercampur magma.

Lapili : benda vulkanik berbentuk kerikil lebih besar daripada pasir vulkanik dan abu vulkanik, tetapi lebih kecil daripada bom.

Lava : magma yang telah sampai ke permukaan bumi.

Magma : batuan cair pijar yang bersuhu tinggi dan mengandung berbagai unsur dan mineral yang berbentuk padat, cair maupun gas yang terletak di bawah litosfer.

Meander : kelokan setengah lingkaran pada alur sungai yang terjadi karena erosi di bagian luar dan sedimentasi pada bagian dalam kelokan sungai. Dalam perkembangan selanjutnya dapat terbentuk meander (cut off) dan sungai mati (oxbow lake).

Mëlange : sedimen yang terjadi dari campuran berbagai batuan dan terdapat di suatu areal yang dapat dipetakan.Fragmen-fragmen pembentuk melange itu bermacammacam dalam susunan, ukuran besar maupun bentuknyaserta tempat fragmen itu terbentuk.

Oxbow lake : sungai mati, danau telapak kuda.

Pasca vulkanik : peristiwa vulkanisme setelah aktivitas gunungapi berhenti, meliputi sumber termal, sumber air mineral, geiser, sumber gas (fumarol, mofet, dan solfatar).

Petrologi : ilmu yang mempelajari batuan.

U (Palung) : palung berbentuk huruf U sebagai tempat gletser mengalir atau bekas aliran gletser seperti palung fyord.

V (Palung) : palung berbentuk huruf V sebagai tempat sungai mengalir.

Vulkanisme : peristiwa kegunungapian meliputi intrusi dan ekstrusi magma serta segala peristiwa yang terkait.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Keanekaragaman genetik, keanekaragaman spesies, dan keanekaragaman ekosistem

Keanekaragaman genetik, keanekaragaman spesies, dan keanekaragaman ekosistem adalah tiga tingkat keanekaragaman hayati yang berbeda dan sali...

Chiba University, Japan

Chiba University, Japan