Minggu, 08 Mei 2016

TATA SURYA DAN JAGAT RAYA

Jika kamu mengatakan alam semesta, maka terkandung pengertian tentang sesuatu yang luas atau tak terhingga. Itulah jagat raya, merupakan ruang tak terbatas tempat di mana ribuan galaksi berada dengan jarak yang sangat besar dan masing-masing berukuran besar pula. Galaksi kita yaitu tempat matahari kita sebagai anggotanya dinamakan Bima Sakti (Milky Way) memiliki diameter 80.000 tahun cahaya. Galaksi yang terdekat dengan Bima Sakti ialah Awan Magellan (Magellanic Clouds) memiliki jarak 160.000 tahun cahaya. Matahari merupakan pusat dari sistem tata surya yang di dalamnya terdapat planet-planet sebagai anggotannya, termasuk bumi kita. Matahari hanya merupakan sebuah bintang dari sekitar 200 milyar bintang yang ada di Galaksi Bima Sakti.

Pada saat ini kamu akan belajar tentang tata surya dan jagat raya. Dengan mempelajarinya, diharapkan kamu dapat mendeskripsikan dan menganalisis terjadinya tata surya dalam jagat raya.

Yang haus kalian ketahui !

  1. Jarak khatulistiwa bumi = 6.370 km. 
  2. Jarak Bumi dengan Matahari = 149.600.000 km = 1 Satuan Astronomis 
  3. Jarak Matahari dengan Alpha Centauri = 4,5 tahun cahaya. 
  4. Panjang Galaksi Bima Sakti = 80.000 tahun cahaya 
  5. Jarak Galaksi Bima Sakti dengan Kabut Magellan = 160.000 tahun cahaya.
  6. Panjang Galaksi Andromeda = 180.000 tahun cahaya.
Jelaslah bahwa jagat raya tak dapat diukur, dalam arti batas-batasnya tak dapat diketahui. Kiranya Tuhan jualah yang Maha Mengetahui, betapa luas jagat raya ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Keanekaragaman genetik, keanekaragaman spesies, dan keanekaragaman ekosistem

Keanekaragaman genetik, keanekaragaman spesies, dan keanekaragaman ekosistem adalah tiga tingkat keanekaragaman hayati yang berbeda dan sali...

Chiba University, Japan

Chiba University, Japan