Selasa, 25 Juni 2019

Menghitung Skala Foto Udara

Foto udara (Aerial Photograph) merupakan suatu rekaman detail permuakaan bumi yang dipengaruhi oleh panjang fokus lensa kamera, ketinggian terbang pesawat, waktu pemotretan, jenis film dan filter yang dipakai saat pemotretan (Djauhari noor, 2012). Foto udara menggabungkan dari beberapa gambar/ citra foto yang dibuat untuk mengenali unsur-unsur alam melalui penafsiran/interpretasi. Foto udara yang dipakai secara geometri berhubungan dengan jenis kamera yang dipakai dalam pemotretan. Penerapan fotografi dalam pengelolaan daerah aliran sungai memiliki peran penting dalam perencanaaan dan evaluasi dalam menyususn strategi rehabilitasi hutan dan lahan serta pengelolaan daerah aliran sungai untuk mendukung pembangunan secara berkelanjutan suatu wilayah. Foto udara mampu mengenali objek lebih detail dengan skala tertentu.

Dalam ilmu geografi, pemahaman skala sangat penting karena merupakan bagian analisa spasial yang akan mempengaruhi analisa lebih lanjut untuk kepentingan tertentu. Aspek pokok skala foto udara dilihat dari kepentingan penggunaan data foto udara, kemampuan alat foto udara dalam cakupan luasan tertentu, dan jenis objek yang akan diambil. Makadariitu skala sangatlah penting. Jika dalam peta biasa penghitungan skaladapat diukur dengancaramembandingkan jarak di peta dengan jarak sebenarnya di lapangan. Terus bagaimana cara menghitung skalapada foto udara?

Skala pada sebuah foto udara merupakan perbandingan antara jarak dua titik pada foto udara dan jarak dua titik secara mendatar di lapangan.  alam sebuah foto udara, untuk mengetahui skala foto maka perlu diamati keterangan yang terdapat pada tepi foto udara. Untuk menghitung skala sebuah foto udara dapat menggunakan rumus berikut:


Keterangan:

S   = Skala Foto Udara

f   = Panjang Fokus

H   = Tinggi Wahana

h    = Tinggi Objek

ketinggian pesawat = (H - h)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Keanekaragaman genetik, keanekaragaman spesies, dan keanekaragaman ekosistem

Keanekaragaman genetik, keanekaragaman spesies, dan keanekaragaman ekosistem adalah tiga tingkat keanekaragaman hayati yang berbeda dan sali...

Chiba University, Japan

Chiba University, Japan